Minggu, 13 Juli 2008

Wanita sebagai tulang Rusuk Pria

Kesejahteraan Dalam Perkawinan adalahBersama sama mengucapkan syukur pada Allah yang telah mempersatukan anda berduaBersama sama mengerti dan mengaku bahwa segala sesuatu yang telah dipersatukan Allah tidak boleh diceraikan manusia.Dan ingatlah selalu bahwa sifat yang diinginkan partner anda adalah cinta kasih dan kesetiaan. Saling dahulu mendahului untuk membahagiakan
Sebagai perwujudan atas peran serta dalam gereja local . Kami melibatkan diri dalam kerasulan kategorial khususnya untuk keluarga . Retret ini dinamakan Retret Tulang Rusuk . Nama retret ini di ilhami oleh Kitab Suci Khususnya Perjanjian Lama , Kitab kejadian : " Ketika ia tidur Tuhan Allah mengambil salah satu rusuk dari padanya , lalu menutup tempat itu dengan daging . Dan dari rusuk yang diambil lalu berkata kepada manusia itu : " inilah Dia Tulang dari tulangku dan daging dari dagingku , Ia namakan perempuan sebab ia diambil dari laki - laki " ( Kejadian 2 : 21 ) . Dari ayat ini muncullah motto retret sebagai berikut :Pria : Inilah dia tulang dari tulangku , daging dari dagingku . Engkau dinamai perempuan karena engkau diambil dari Rusukku . Wanita :Inilah dia aku bukan pembantu , aku bukan babu , aku penolongmu yang sepadan . Aku dinamai perempuan karena aku diambil dari rusukmu .Dengan motto diatas mau mengatakan bahwa setiap pasangan harus saling menghargai satu sama lain karena ke duanya memiliki derajat yang sama .
Kisah penciptaan manusia pertama mengilhami kami menamai retret ini dengan nama " Tulang Rusuk "
Tuhan Allah berfirman : " Tidak baik , kalau manusia itu seorang diri saja . Aku akan menjadikan penolong baginya , yang sepadan dengan dia . " Lalu Tuhan membuat manusia itu tidur nyenyak ; ketika ia tidur , Tuhan Allah mengambil salah satu rusuk dari padanya , lalu menutup tempat itu dengan daging . Dan dari rusuk yang di ambil Tuhan Allah dari manusia itu , dibangunnyalah seorang perempuan , lalu dibawanya kepada manusia itu : " Inilah dia , tulang dari tulangku dan daging dari dagingku , Ia akan dinamai perempuan , sebab ia diambil dari laki - laki " ( Kej. 2 : 18 , 21 - 23 )
Menurut hemat kami gambaran tulang rusuk dalam kisah penciptaan sungguh tepat jika digunakan sebagai nama retret ini . Karena berkaitan langsung dan mendasar dengan hubungan manusia sejak ia diciptakan sebagai makhluk yang yang tidak sendirian tetapi berpasangan dan pasangan tersebut adalah pasangan yang sepadan . Karena Tuhan menciptakan manusia dan perempuan dari tulang rusuk laki - laki maka laki - laki dan perempuan adalah dua mahluk yang sepadan .

Tidak ada komentar: